/ Pengertian Wotagei | KURONEKO BLOG

Translate

  • Posted by : Unknown Kamis, 12 Juni 2014

    Yoo Minna , Kali Ini saya akan berbagi ilmu tentang pengertian Wotagei ,pasti pada sudah ga asing bukan dengan nama tersebut , Nah maka dari itu kali ini saya akan mengupas habis apasih yang dimaksud wotagei itu , dan bagaimana sejarahnya .... Jadi Mari kita simak berikut ini 



    Pengertian Wotagei :
    Wotagei (ヲタげい?) atau otagei (オタ芸, オタげい?)[ adalah sorakan atau gerakan tari khas yang dilakukan oleh penggemar ketika menonton konser-konser idola Jepang.
    Wotagei adalah bentuk memberikan dukungan dalam acara-acara yang dilangsungkan oleh idola atau seiyu.[5] Katawotagei atau otagei merupakan singkatan dari aidoru [w]otaku no gei (gei berarti seni).
    Melakukan wotagei disebut utsu (打つ?) Ada beberapa jenis gerakan wotagei. Bertepuk tangan menurut irama di atas kepala sambil melompat di tempat menghadap ke kiri dan kanan, berputar-putar disebut mawari (マワリ?).[2][1]Kedua belah lengan diacungkan ke atas dan siku ditarik ke dalam berulang-ulang disebut romansu (ロマンス?).[5][1]Bertepuk tangan tiga kali prok, prok, prok, lalu bersorak hyuu... disebut PPPH.[1] Ada pula gerakan yang inspirasinya berasal dari tari kecak di Bali.[7] Pada gerakan yang disebut kecak, sambil postur tubuh direndahkan, kedua belah lengan diangkat dan ditarik secara berulang-ulang ke depan ke arah idola di panggung.
    Memberikan dukungan kepada penyanyi idola di panggung dengan cara bersorak bersama sesuai dengan irama lagu sudah dilakukan pada tahun 1970-an atau 1980-an oleh barisan penggemar setia para idola yang disebut shin-ei tai (親衛隊 barisan pengawal?). Memasuki abad ke-21, beberapa gerakan ditambah sehingga menjadi bermacam-macam dan dikenal secara luas sebagai wotagei setelah dibawakan dalam konser-konser Hello! Project serta berbagai unit idola yang tergabung di dalamnya. Dalam acara varietas Guru Guru Dokan "Atarashii Nami o Sagashite" di Fuji Televisionwotagei diangkat pertama kali sebagai topik bahasan Anggota tim sepak bola J. LeagueKawasaki Frontale melakukan wotagei versi Kawasaki Frontale di hadapan penonton. Mereka menyebutnya sebagaintagei (ンタ芸?) (dari kata frontale + gei) pada acara hari berterima kasih kepada penggemar tahun 2007 Setelah diliput media massa, keberadaan wotageidiketahui secara luas oleh masyarakat umum di Jepang. Selain itu ada pertunjukan live yang diadakan secara khusus untuk mempertunjukkan wotagei.Meskipun demikian, wotagei juga dikecam sebagai "'Tindakan gangguan' yang dilakukan atas nama wotagei"\ Semuanya disebabkan sebagian penonton yang melakukan wotagei akhirnya menjadi lupa diri. Mereka tidak menghormati hak penonton lain dan datang ke konser semata-mata untuk melakukan otagei.Pendapat publik akhirnya terbagi dua, pihak penentang dan pihak pendukung wotagei sebagai cara memberi dukungan Di beberapa konser, memberi dukungan kepada idola dengan melakukan wotagei secara keterlaluan sudah dilarang.
    Partisipasi penonton sangat penting dalam konser grup idola Jepang. Wotagei menambah semarak konser dan membangun rasa kebersamaan antara penonton dan idola di atas panggung, serta sesama rekan wota.



    Mix (ミックス mikkusu?) (bahasa Inggrischants) adalah sorakan beramai-ramai penonton pada konser idola, termasuk pada konser AKB48 dan grup-grup saudara kembarnya. Meskipun sering diragukan sebagai bagian dari wotagei mix termasuk salah satu dari banyak unsur wotagei. Mix sudah dikenal di kalangan wota pada akhir 1990-an, termasuk di konser Z-1 dan kemudian Hello! Project.Kata-kata mix yang disorakkan seragam dan ada standarnya.
    Mix disorakkan sewaktu overtur, intro (awal lagu), dan sewaktu tempo lagu melambat. Mix berakhir sebelum idola mulai menyanyi. Mix tidak dilakukan untuk lagu bertempo pelan, sedih, atau balada. Pada lagu yang dimulai secara tiba-tiba seperti "Heavy Rotation", mix ditunda hingga interlude (bagian instrumental)
    Ada beberapa variasi mix yang dikenal kalangan wota. Berikut ini adalah lirik mix standar yang sering diserukan penonton konser idola di Jepang:
    "Aa... Yossha Ikuzo! Taiga, Faiya, Saiba, Faiba, Daiba, Baiba, Jya, Jya!" (あ~ よっしゃいくぞー!タイガー、ファイヤー、サイバー、ファイバー、ダイバー、バイバー、ジャージャー Aaaa... Yossha Ikuzo! Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, Viber, Jya Jya!?)
    Aaaa... Yossha Ikuzo! ("Ayo mulai!") adalah komando untuk memulai sorakan, diikuti pelafalan bahasa Jepang untuk kata-kata bahasa InggrisTigerFire,CyberFiberDiver, dan Viber. Alasan kata-kata tersebut dipilih juga tidak diketahui pasti.
    Ada pula variasi mix yang menggunakan kata-kata asli bahasa Jepang (Japanese Mix) dan mix dari bahasa Ainu (Ainu Mix), atau campuran dari standar, Jepang, dan Ainu. Kata-kata bahasa Jepang atau bahasa Ainu yang dipakai merupakan terjemahan dari TigerFire, dan seterusnya.
    Berbeda dari mix standar, mix bahasa Jepang dan bahasa Ainu dimulai dengan "Aaa... mou itcho ikuzoo" (あ~~もういっちょいくぞー?, Ayo mulai sekali lagi):
    Mix Jepang
    "Tora, Hi, Jinzou, Sen'i, Ama, Shindou, Kasentobijokyo" (虎、火、人造、繊維、海女、振動、化繊飛除去?)
    Mix Ainu
    "Chape, Ape, Kara, Kina, Rara, Tusuke, Myoohontusuke" (チャペ、アペ、カラ、キナ、ララ、トゥスケ、ミョーホントゥスケ?)

    setelah melihat membaca pengertian tadi , saya mungkin sedikit ngasi tau tentang gerakan gearakan yang digunakan di Wotagei,
    ·         Ternyata dalam Wotagei mempunyai istilah tersendiri, Istilah dasar pada WOTAGEI :
    Wotagei-shi (ヲタ芸師): Orang yang melakukan wotagei.

    ·         Furimane (振りマネ): Tindakan meniru setiap gerakan yang performer lakukan di atas panggung.

    ·         Ouen call (応援コール): Disebut juga “Chants,” dimana para fans meneriakan nama Idol/performer atau meneriakan bentuk sorak – sorai yang lain.

    ·         Guntank (ガンダンク): Diambil dari Gundam (Tank dengan badan manusia), yang dimaksud adalah tubuh bagian dari atas saja yang melakukan wotagei, biasa dilakukan sambil duduk atau ketika banyak orang.

    ·         Oshi Jump: Melompat dan menunjuk member favoritmu di panggung ketika dia sedang menyanyi, dapat juga dilakukan saat bagian MC (tidak disarankan).

    Macam-macam Gerakan WOTAGEI :

    1. Wotagei Orthodok
    Gerakan ini merupakan gerakan wotagei & Chant yang paling dasar dalam wotagei, dan wotagei ini dulu khusus untuk mengiringi IDOL saja.

    ·         Gerakan yang sering dipakai dalam wotagei ini:
    Kecha (ケチャ): Gerakan yang berpusat pada pangkal lengan bagian bawah, mengayunkan lengan ke depan menyembah Idol di panggung.

    ·         Matrix (マトリックス): Diambil dari film Matrix dimana Neo mengelak peluru dengan melentingkan badannya kebelakang (kayang) di adegan tempat Helikopter mendarat.

    ·         Mawari (マワリ): Melompat sambil berputar di tempat yg sama sambil bertepuk tangan di atas kepala.

    ·         OAD: AKA, Over Action Dolphin. Sebuah bentuk tepuk tangan yang sangat heboh (meniru lumba-lumba).

    ·         PPPH: Pan Pa-Pan Hyu, tepuk tangan 4 ketukan dan melompat.

    ·         Romeo (ロミオ): Gerakan satu tangan diatas kepala diambil dari adegan Romeo dan Juliet, ketika Romeo menyembah mencoba meraih Juliet.

    ·         Romance (ロマンス): Gerakan menunjuk keatas secara menyamping
    dari kiri – kanan – kiri – kanan – kiri – kanan – kiri – dan selanjutnya.

    ·         Rozario (ロザリオ): Membentuk salib dengan kedua tangan yang berarti membuat janji setia dengan Idol diatas panggung.

    Contoh Wotagei Orthodok(Khusus mendukung IDOL):

    2. Wotagei Kontemporer

    Wotagei yang satu ini merupakan Wotagei Orthodok yang telah di modifikasi sedemikian rupa ditambah gerakan yang energik, supaya gerakan yang dihasilkan rapi dan indah dilihat, ditambah dengan lightstik yang bersinar.  Wotagei ini juga dilakukan untuk mengiringi soundtrack anime, soloist dan grup band.


    Gerakan dinamis di wotagei kontemporer cukup indah, sehingga banya sekali orang , jepang khususnya mempelajari gerakan ini, dan menjadi tren.

    Contoh Wotagei Kontemporer (Untuk mengiringi sountrack anime, soloist dan grup band) Source :http://fam48mks.blogspot.com/2012/09/jenis-jenis-gerakan-dan-istilah-wotagei.html

    nah selanjutnya saya bakal ngasi tau lagu lagu yang biasanya dipakai pada saat Wotagei , ini dia daftarnya :

    ANISONGS 
    Kodoku no Hate
    Kouji Wada - Butterfly [OST Digimon]
    LiSA- Jet Rocket
    Gumi - Earth Final Confession
    Nano - No Pain No Game
    Nano - Exist
    Nano - Neophobia
    Nano - Magenta
    Nano - Nevereverland
    Kylee - Crazy For You
    JAM Project - SKILL
    Tamura Yukari (Cube x Cursed x Curious) - Endless story
    Fukai Mori - Do As Infinity
    Hikasa Yoko - Fuwa Fuwa Time
    Kiryuin Sho - Life is SHOW TIME
    Aoi Eir - Innocent (Sword Art Online)
    LiSA - Crossing Field (Sword Art Online)
    LiSA - Rock Mode
    Linked Horizon - Guren no Yumiya
    Nano ripe - real world
    megpoid gumi - romantic hero
    choucho - kawaru mirai
    Supercell - BraveryMix Speaker's,Inc. - Shiny tale (男子高校生の日常 OP)Sasaki Sayaka - Reason Why XXXFaylan - Dead EndOST.One Piece - BelieveTOKUSATSUTetra Fang - Supernove
    Just live more - op kamen rider gaim
    Climax jump - aaa den-o form (kamen rider den-o)
    Switch on - Kamen rider fourzeTOUHOUSayuri Anpo - Last Danc
    FELT - roll Ground
    FELT - Light My Life
    VOCALOIDHatsune Miku - Rolling Girl
    Len Kagamine - Fire Flower
    Yuki Kimura - Love & Joy
    Hatsune Miku - Black Rock Shooter
    Hatsune miku - Blaze
    Hatsune Miku - Princess Snow White
    Hatsune Miku - Romeo and Cinderella
    Hatsune Miku - Stargazer
    Hatsune Miku - Senbonzakura
    Hatsune Miku - Calc.
    Hatsune Miku & Megurine Luka - World's End Dancehall
    Megurine Luka - _theBlue
    Gumi - Renai Yuusha
    Kagamine Rin - Melancholic
    Kagamine Rin - Iroha Song
    Megpoid Gumi - Ama no Jaku
    Kagamine Rin - Megpoid
    GUMI - Invisible
    GUMI - Ama no jaku
    KEMU - Roku Chounen to ichiya monogatami
    Kagamine Len - Fire flower
    Hatsune Miku - Hajimete no Koi ga owaru Toki
    Kaito - Mr.しやん、登場!!死ねばいいのに
    Hatsune Miku - kagerou days
    Hatsune Miku - Triple baka
    Hatusne Miku -  World is mine
    GUMI/LAST NOTE - Renai Yuusha
    GUMI - Sayounara no Kawari ni
    GUMI - MeguMegu Fire Endless night
    GUMI - Ikasama Life Game (イカサマライフゲイム)Amatsuki - Solution For JealouslyAmatsuki - Indulging: Idoling SyndromeKagamine Rin&Len - Karakuri BurstBANDFear And Loathing In Las Vegas - Just Awake
    One Ok Rock - The beginning
    One Ok Rock - Kanzen Kankaku Dreamer
    One Ok Rock - Kaimu
    One Ok Rock - Mikansei Koukyoukyoku
    One Ok Rock - Answer Is Near
    Supercell - Kimi No Shiranai Monogatari
    Supercell - Kokuhaku
    Supercell feat Nagi - Sayonara Memories
    SCANDAL - HARUKAZE
    fripSide - Only My Railgun
    ClariS - Connect
    ClariS - Drop
    Mami Kawada - JOINT
    Kotoko - Shichitenhakki Shijou Shugi
    Kurosaki Maon - Magic world
    Team Nekonan - Pandemikku!!
    Nana Mitani - Shiroi Yuki no Princess wa
    Nightmare - the WORLD
    Supercell - Hoshi ga Matataku Konna Yoru ni
    Sakakibara Yui - Katayoku no Icarus
    Choucho - Authentic Symphony
    Baby Metal - Ijime Dame Zettai
    Baby Metal - Megitsune
    Team.ねこかん[猫] featuring. 米倉千尋; - ぱんでみっく!!
    fripSide - Fortissimo -the ultimate crisis-
    fripside - LEVEL5 -Judgelight
    Fripside - Magic a Ride
    Zwei - Kaze no Senritsu
    SPACEBOYS - Keep On Dreaming
    SPACEBOYS - Missing You
    SPACEBOYS - Angelina
    SPACEBOYS - Never Repeat
    SPYAIRS - Genjou Destruction
    Faylan - Rasen, Arui wa Seinaru YokubouUnison Square Garden - Orion Wo NazoruMaximum The Hormone - Koi No Mega LoverSilent Siren - Filterfunky Monkey Baby - 悲しみなんて笑い飛ばせScandal - Shunkan SentimentalUverworld - The OverIDOL GROUpAKB48 - Heavy Rotation
    AKB48 - Give Me Five
    AKB48 - Iiwake Maybe
    AKB48 - Kimi no Koto ga Suki Dakara
    AKB48 -  Ponytail to Shushu
    AKB48 - Oogoe Diamond
    AKB48 - Everyday, Kachuusa
    AKB48 - Ue Kara Mariko
    AKB48 - Manatsu no Sounds Good
    AKB48 - Gingham Check
    AKB48 - Tsugi no Season
    AKB48 - 10nen Zakura
    NMB48 - Seishun no Lap Time
    NMB48 - Mattemashita, Shingakki
    NMB48 - Nagiichi
    NMB48 - Oh My God
    SKE48 - Aishiteraburu
    SKE48 - Gomen ne, Summer
    SKE48 - Pareo wa Emerald
    HKT48 - Suki Suki Skip
    HKT48 - Melon Juice
    Nogizaka46 - Hashire ! Bicycle
    Afilia Saga East - Watashi Love na Otome
    Momoiro Clover Z - Santa san
    Momoiro Clover Z - Koko☆Natsu
    HO-KAGO TEA TIME - Fuwa Fuwa Time (K-ON)
    HO-KAGO TEA TIME - Go, Go, Maniac (K-ON)
    SUPER☆GiRLS - Ganbatte Seishun
    Sphere - HIGH POWERED
    Milky Holmes - Seikai wa Hitotsu! Ja nai!!
    SUPER☆GiRLS - Tokimeki iro no kaze to kimi
    Momoiro Clover Z - Mugen No Ai
    Dempagumi - Denden Passion
    mungkin itu dulu dari saya , kurang lebihnya Gomen ,, hahaha jangan lupa follow Twitter saya : @YogaDesu_
    oke See you ......  

    0 comment

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    KURONEKO BLOG Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan