/ Materi TIK Kelas 8 : Smester I (Bahan Ujian Praktik) | KURONEKO BLOG

Translate

  • Posted by : Unknown Sabtu, 01 Februari 2014

    yosh , kali ini kita pindah materi-gozaru !!. kakakaka untuk kali ini , saya akan bahas tentang materi kelas 8 SMP jadi mari kita simak yaa!! Sentou-kaishi


    Materi TIK kelas 8 Semester 1

    Menu dan Ikon Perangkat Lunak Pengolah Kata
    A. Pendahuluan
    Perangkat lunak (softwere) adalah suatu program yang ditulis dalam bahasa computer. Jenis perangkat lunak adalah sebagai berikut.
    1. Perangkat Lunak Sistem Operasi
    Adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa mesin yang hanya dikenal oleh computer dan untuk pengelolaan program.
    2. Perangkat Lunak Aplikasi
    Adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah angka, kata, database, data statistic, dan lain-lain.
    Microsoft Word (biasa diakronimkan dengan MS-Word) merupakan salah satu program aplikasi pengolahan kata di bawah system windows.
    B. Mengidentifikasi Letak Perangkat Lunak Pengola Kata
    1. Identifikasi, Letak, dan Kegunaan Program Pengolahan Kata
        Program Microsoft Wordr merupakan program pengolahan kata di bawah system Windows. Sistem Windows merupakan system operasi berbasis grafik yang dikembangkan oleh Microsoft.
    Dengan memanfaatkan program Microsoft Word pemakai dapat menggunakan fasilitas untuk berbagai kebutuhan, antara lain membuat surat, undangan, dokumen, atau bahkan untuk menyusun naskah dalam berbagai kepentingan.
    2. Mengaktifkan Program Pengolahan Kata
        Untuk mengaktifkan program Microsoft Word antara lain dapat dilakukan dengan menyiapkan computer dalam keadaan aktif dengan mengenal icon-icon penting yang terdapat dalam program tersebut.
    a. Menyiapkan Program
    Untuk menyiapkan program, pastikanlah computer dalam kondisi siap untuk dioperasikan dan dapat menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyiapkan program :
    1. Nyalakan computer dengan menekan tombol power di CPU dan tombol monitor.
    2. Klik Star, pilih Aplication Program (All Program) dan klik MS-Word.
    3. Tunggu sampai layar editor MS-Word muncul pada layar editor.
    C. Mengidentifikasi Berbagai Menu dan Ikon Pengolahan Kata
    Ketika membuka program aplikasi pengolah kata untuk pertama kalinya, maka pada layar monitor akan muncul dokumen kosong yang siap digunakan dengan ukuran kertas standart. Perhatikan gambar dibawah ini
    :
     

    Gb. Tampilan Layar Editor Microsoft Word
    Keterangan :
    1. Title Bar : berisi judul dokumen dan tombol minimize, maximize, Exit.
    2. Menu Bar : berisi menu-menu shotcut perintah dalam word.
    3. Toolbar : berisi tombol-tombol shotcut perintah dalam word
    4. Tombol Close dokumen
    5. Task Pane : panel task (kumpulan task dalam word)
    6. Vertical Scrool Bar : menggeser dokumen secara vertical
    7. Horizontal Scrool Bar : menggeser dokumen secara horizontal
    8. Halaman tempat membuat teks atau dokumen
    9. Horizontal Ruler : melihat atau mengatur batas teks
    10. Ruler Indent : mengatur tabulasi
    11. Kursor : penanda posisi aktif pengetikan secara default teks yang diketik akan ditempatkan dikursor.
    12. Vertical Ruler : melihat atau mengatur batas teks
    13. Toolbar Drawing : kumpulan tombol shortcut untuk membuat gambar atau bentuk sederhana
    14. Status Bar : untuk menampilkan halaman yang aktif, jumlah halaman, baris atau kolom yang aktif.
    Fungsi Menu Dan Ikon pada Perangkat Lunak Pengolahan Kata
    A. Pendahuluan
    Ketika kita bekerja pada program pengolahan kata, kita akan banyak menemukan menu dan ikon pada perangkat pengolahan kata tersebut. Menu dan ikon pada program Microsoft Word yang perlu kamu ketahui untuk tahap awal antara lain menu ikon pada Menu Bar, Standar Bar, Formatting Menu, dan Drawing Menu
    B. Fungsi Menu dan Ikon pada Menu Bar
    1. File
    Menu file berfungsi untuk membuat, membuka, menyimpan, mencetak, mengatur ukuran halaman hingga menutup suatu dokumen yang kita buat.
    Menu File
    Fungsi
    New
    Untuk membuat lembar kerja yang baru
    Open
    Untuk membuka file dokumen yang pernah kita buat
    Close
    Untuk menutup file yang sudah aktif
    Save
    Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan
    Save As
    Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru
    Save As Web Page
    Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru
    Search
    Untuk mencari file atau nama file
    Versions
    Untuk menampilkan tanggal dan waktu masing-masing versi yang disimpan dan nama orang yang menyimpan
    Web Pag Preview
    Untuk menampilkan file yang aktif sebagai halaman web dalam browser sehingga kita dapat melihat seperti apa dokumen yang dibuat sebelum diterbitkan/dicetak
    Page Setup
    Untuk menentukan margin dan ukuran kertas
    Print Preview
    Untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak
    Print
    Untuk mencetak dokumen yang kita buat
    Send To
    Untuk mengirim dokumen ke media lain seperti Microsoft Power Point
    Exit
    Untuk keluar dari program MS-Word

    2. Edit
    Menu edit berfungsi untuk mengedit suatu dokumen
    Menu Edit
    Fungsi
    Undo
    Untuk membatalkan perintah terakhir
    Repeat
    Untuk membatalkan undo
    Cut
    Untuk memotong suatu objek seperti kata, kalimat, gambar, dan memasukkannya ke clipboard atau kedokumen lain
    Copy
    Untuk meng-copy atau menyalin suatu objek kedalam clipboard atau dokumen lain
    Office Clipboard
    Untuk mengatur pemunculan objek dari clipbiard
    Paste
    Untuk memunculkan suatu objek dari dalam clipboard atau dokumen lain
    Paste Specila
    Paste dengan criteria tertentu
    Paste as Hyperlink
    Untuk memunculkan objek dari dalam clipboard namun tetap ada hubungannya walau berada ditempat yang berbeda
    Clear
    Untuk menghapus format atau objek yang dipilih
    Select All
    Untuk memilih/memberi tanda blok hitam pada seluruh lembar kerja
    Find
    Untuk mencari kata yang dikehendaki
    Replace
    Untuk mengganti kata
    Go to
    Untuk berpindah halaman, baris, kolom, objek, dan lain-lain
    Link
    Untuk membentuk hubungan
    Object
    Untuk mengedit objek
    3. View
    Menu view berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan.
    Menu View
    Fungsi
    Normal
    Untuk menampilkan tampilan layar yang normal atau tampilan standart
    Web Layout
    Untuk menampilkan tampilan editing dokumen kita ketika muncul di web browser
    Print Layout
    Untuk menampilkan tampilan print layout yang berupa sebuah tampilan editing dokumen kita ketika akan mencetak
    Outline
    Untuk memindahkan tampilan editing dokumen kita ke tampilan outline view, sehingga kita dapat memeriksa dan bekerja dengan struktur file dokumen kita dalam bentuk outline klasik
    Task Pane
    Untuk menampilkan task pane
    Toolbars
    Untuk menampilkan dan menyembunyikan toolbar-toolbar yang dikehendaki
    Ruler
    Untuk menampilkan dan menyembunyika/menghilangkan penggaris yang ada di atas area kerja
    Dokument Map
    Merupakan layar vertical yang berfungsi juga sebagai peta dokumen untuk memberitahukan letak.posisi dokumen kita sekarang
    Header and Footer
    Untuk membuat header dan footer
    Footnotes
    Untuk membuat catatan kaki
    Markup
    Untuk memunculkan atau menyembunyikan komentar
    Full Screen
    Untuk menggunakan tampilan layar menjadi tampilan penuh layar
    Zoom
    Untuk memperbesar tampilan
    4. Insert
    Menu insert berfungsi untuk menyisipkan teks, tanggal atau waktu, symbol, diagram, file, onjek dan sebagainya.
    Menu Insert
    Fungsi
    Break
    Untuk menentukan jenis perpindahan
    Page Number
    Untuk memberi nomor halaman
    Date and Time
    Untuk menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
    Auto Text
    Untuk menyisipkan teks
    Field
    Untuk menyisipkan field
    Symbol
    Untuk menyisipkan simbol
    Comment
    Untuk menyisipkan komentar atau catatan
    Reference
    Untuk menyisipkan footnote, caption, cross reference, dan index
    Web Component
    Komponen dari web
    Picture
    Untuk menyisipkan gambar
    Diagram
    Untuk menyisipkan diagram
    Text Box
    Untuk menyisipkan text box
    File
    Untuk menyisipkan file
    Object
    Untuk menyisipkan objek
    Bookmark
    Untuk menyisipkan bookmark
    Hyperlink
    Teks atau grafik yang kita kirimkan ke suatu file, dokumen HTML
    5. Format
    Menu format berfungsi untuk menetukan jenis huruf, paragraph, memberikan penomoran, membuat jenis kolom dalam teks, memberi bingkai dan arsiran, mengatur huruf besar dan kecil dan berbagai hal yang berkaitan dengan format dokumen.

    Menu Format
    Fungsi
    Font
    Untuk menentukan jenis huruf dan atributnya
    Paragraph
    Untuk menentukan jenis paragraph
    Bullets and Numbering
    Untuk memberikan bullet dan penomoran
    Boder and Shading
    Untuk memberikan bingkai dan arsiran
    Colums
    Untuk membuat jenis colom
    Tabs
    Untuk menentukan batas tabulasi
    Drop Cap
    Untuk memberikan efek drop cap
    Text Direction
    Untuk mengtur arah horizontal dan vertical dari teks yang diketik
    Change Case
    Untuk mengatur huruf besar dan kecil
    Background
    Untuk memberi warna latar belakang dokumen yang dikerjakan
    Theme
    Untuk mengatur format tampilan theme yang akan digunakan pada sebuah halaman web, dokumen dan pesan email
    Frames
    Untuk membuat table daftar isi denagn menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya disebelah kiri halaman frame
    Auto Format
    Untuk mengubah format menjadi format dokumen atausurat
    Styles and Formatting
    Untuk mengubah style dan format
    Reveal and Formatting
    Untuk menampilkan task panel reveal formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks
    Object
    Untuk memformat objek
    6. Tools
    Menu tools berfungsi untuk memeriksa ejaan, memilih bahasa yang dikehendaki.

    Menu Tools
    Fungsi
    Spelting and Grammar
    Untuk memeriksa ejaan
    Languange
    Untuk memilih bahasa yang dikehendaki
    File Broken Text
    Untuk mengatur atau menyusun text yang berantakan atau tak beraturan.
    Word Count
    untuk menghitung banyaknya kata, paragraph, baris, karakter, dan halaman
    Auto Summarize
    Untuk merangkum poin-poin secara otomatis dalam dokumen
    Speech
    Untuk mengubah perintah keyboard/mouse dengan suara menggunakan bahasa yang dikenal oleh MS-Word
    Track Changes
    Untuk menandai perubahan-perubahan yang dilakukan dalam dokumen terakhir/baru atau yang sedang dikerjakan, dan mencatat setiap perubahan tersebut saat dilihat kembali
    Compare and Merge Document
    Untuk membandingkan dan menggabungkan dokumen
    Protect Dokumen
    Untuk memproteksi dokumen
    Online Collaboration
    Untuk melakukan kolaborasi dengan para pengguna internet seperti diskusi maupun net meeting
    Letters and Mailings
    Untuk membuatsuratdan label
    Tools in The Web
    Untuk melihat fungsi tools secara online
    Macro
    Untuk membuat macro
    Templates and Add-Ins
    Untuk melihat templates
    Auto Cottect Options
    Untuk membuat autoccorect
    Customize
    Untuk melihat tombol toolbar, menu, dan shortcut key
    Options
    Untuk memodifikasi setting program dari MS-Office
    7. Table
    Menu table berfungsi untuk membuat table, menyisipkan table dalam teks dokumen, mengurutkan data, dan segala hal yang berkaitan table.

    Menu Table
    Fungsi
    Draw Table
    Untuk menggambar tabel
    Insert
    Untuk menyisipkan table, kolom, baris, atau sel
    Delete
    Untuk menghapus table, kolom, baris, atau sel
    Select
    Untuk menyeleksi table, kolom, baris, atau sel
    Merge Cells
    Untuk menggabungkan sel-sel terpilih
    SplitCells
    Untuk membagi sel colom pada table menjadi beberapa sel kolom yang lebih kecil
    Table Aouto Format
    Untuk membuat format table secara otomatis
    Aoutifit
    Untuk menyesuaikan lebar kolom pada table dengan lebar window secara otomatis
    Heading Rows Repeat
    Untuk menunjuk baris terpilih untuk menjadi heading table yang di ulang pada halaman selanjutnya
    Convert
    Untuk mengkonversi bentuk teks ke bentuk table atau sebaliknya
    Sort
    Untuk mengurutkan data
    Formula
    Untuk memberikan formula (perhitungan matematika)
    Show Gridlines
    Untuk memunculkan atau menyembunyikan garis bantu
    Table Properties
    Untuk menampilkan properties untuk table
    8. Windows
    Menu windows berfungsi untuk membuka jendela baru, menyusun semua jendela yang aktif, dan melihat dokumen yang sedang aktif.

    Menu Windows
    Fungsi
    New Window
    Untuk membuka jendela baru
    Arrange All
    Untuk menyusun semua jendela yang aktif
    Split
    Untuk membagi lembar kerja yang aktif menjadi dua bagian
    Document2
    Untuk melihat seluruh dokumen yang aktif
    9. Help
    Salah satu fungsi menu help adalah memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah.
    Menu Help
    Fungsi
    Microsoft Word Help
    Untuk memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita  menyelesaikan masalah
    Show the Office Assistant
    Untuk menampilkan atau menyembunyikan office assistant
    What’s This
    Untuk meminta penjelasan mengenai icon yang ditunjuk
    Office on the Web
    Untuk meminta  informasi terkini dari office web site
    Activate Product
    Untuk memunculkan activate product
    Word Perfect Help
    Untuk memberikan informasi bagi pemakai word perfect
    Detect and Repair
    Untuk mencari dan memperbaiki kesalahan secara otomatis
    About Microsoft Word
    Untuk menampilkan informasi mengenai program MS-Word yang kita gunakan

    Penggunaan Menu dan Ikon dalam Pembuatan Dokumen Pengolahan Kata
    Menu dan ikon pada menu bar dapat kita gunakan untuk membuka dokumen, menyimpan dokumen, mengatur halaman dokumen, mengatur ukuran kertas,  memberi halaman dokumen, mengubah jenis dan ukuran hufur, memberi system penomoran pada teks dokumen, hingga mencetak dokumen tersebut.

    1. Membuat Dokumen Baru
    Langkah-langkah :
    1. Pastikan layar monitor berada dalam posisi MS-Word
    2. Perhatikan pada baris menu yang berisi File, pilih pilldown New dengan klik satu kali.
    3. Klik OK, word menampilkan sebuah halaman kosong.

    2. Membuka Dokumen
    1. Pilih Menu File
    2. Klik Open, pilih nama file yang dikehendaki..
    3. Lalu klik Open

    3. Menutup Dokumen
    Untuk mengakhiri input data dan sekaligus menutup dokumen. Arahkan kursor ke menu file lalu klik Close.

    4. Menyimpan Berkas
    1. Simpan teks yang kamu ketik dengan menggunakan menu File>Save
    2. Ketikkan nama file pada kolom name file
    3. Klik tombol Save
    Semoga Bermanfaat-gozaru , Konbanwa !! ARIGATOU GOZAIMASU  


    0 comment

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    KURONEKO BLOG Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan